22.52

SIG (SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS)



SIG (Sistem Informasi Georafis)

Sebelumnya saya akan menjelaskan apakah pengertian tentang SIG (sistem informasi geografis). Pertama saya akan memberikan penjelasan apa itu sistem informasi ? dan apa itu geografis ? . Ok saya akan menjelaskan apa itu sistem informasi dan geografis menurut saya sendiri. Sistem informasi adalah Suatu sistem yang memberikan informasi-informasi penting baik melalui internet maupun melalui lisan. Sedangkan Geografis yaitu Ilmu yang mempelajari tentang keadaan yang ada di belahan bumi. Itu adalah pengertian Sistem Informasi dan Geografis menurut saya.

Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah kegiatan melihat di masa mendatang  sehingga dapat digunakan untuk mengetahui pemanfaatan, pengelolaan, pemberdayaan dan pengendalian sumber daya hal yang perlu dilestarikan secara berkesinambungan. Ini adalah bebrapa pendapat para ahli mengenai pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) yang saya dapatkan dari internet..

Sistem Informasi Georafis atau Georaphic Information Sistem (GIS) merupakan suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Sistem ini mengcapture, mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan data yang secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi. Teknologi SIG mengintegrasikan operasi-operasi umum database, seperti query dan analisa statistik, dengan kemampuan visualisasi dan analisa yang unik yang dimiliki oleh pemetaan. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dengan Sistem Informasi lainya yang membuatnya menjadi berguna berbagai kalangan untuk menjelaskan kejadian, merencanakan strategi, dan memprediksi apa yang terjadi.

Berikut adalah CONTOH SIG 

0 komentar: